10 April 2020

QualityClub, Grup ISO Indonesia


QualityClub berdiri sejak tahun 2000. QualityClub adalah forum diskusi yang membahas topik standar ISO. Awalnya saya bentuk grup diskusi ISO ini di YahooGroup. Ternyata banyak peminat, jumlah anggota diskusi mencapai1600 orang. Anggota QualityClub  kebanyakan  karyawan yang pekerjaannya sehari-hari berkecimpung dengan sistem ISO di perusahaan. Mereka antara lain wakil manajemen perusahaan, auditor internal, document control.

Anggota QualityClub berasal dari seluruh kota besar Indonesia, dari Aceh sampai Papua.
Senang juga bisa punya anggota yang semua dari pelosok Indonesia.

Saya membentuk forum diskusi ini dengan harapan masyarakat Indonesia bisa lebih mengenal standardisasi ISO, baik ISO 9000, ISO 14000, ISO 22000 dan standar ISO yang lain. Saya berpendapat, ikut training ISO saja tidaklah cukup mengenal dan memahami standar ISO.

Feedback yang saya terima positif. Forum diskusi ISO QualityClub ini banyak memberikan manfaat bagi para anggota, setidaknya member bisa bertanya, berbagi dan bertukar pikiran kiat-kiat ISO di perusahaan.

Bertanya kepada konsultan atau auditor eksternal terbatas. Lalu bertanya kepada siapa lagi? Paling simple, pertanyaan atau unek-unek soal ISO tanya langsung ke grup.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, saya memutuskan membuka grup diskusi via aplikasi chat populer WhatsApp group. Ternyata jumlah anggota tambah banyak. Sekarang QualityClub bisa diakses via WhatsApp Group dengan  jumlah grup mencapai 5 grup. Kendati diskusi lebih banyak di grup WhatsApp, QualityClub via email tetap berjalan.

Selain berbagi pengalaman menerapkan ISO, para anggota sering berbagi dokumen ISO. Ini merupakan hal yang paling ditunggu sebab banyak anggota yang memerlukan dokumen untuk membantu pekerjaan mereka sebagai tim ISO perusahaan.

Saking banyaknya dokumen yang dibagi maka saya mambuat blog QualityClub dan menyimpan dokumen di Arsip blog agar dokumen yang telah dibagi tidak terbuang sia-sia.  Dengan demikian, setiap anggota bisa mengakses atau men-download dokumen yang pernah di-sharing di grup QualityClub.  Biasanya dokumen yang di-sharing antara lain contoh-contoh formulir, checklist, prosedur (SOP) atau dokumen panduan yang lain. Semua berguna dalam implementasi ISO, kata angggota.

Diskusi  QualityClub via WhatsApp grup berlangsung via chat. Selain lewat chat, secara berkala saya mengadakan meeting online melalui aplikasi seperti skype, zoom dll. Terkadang perlu saling "bertemu" untuk membicarakan sesuatu yang sulit dicerna melalui fasilitas chat, maka perlu "bertatap muka".

Tahun lalu hampir tiap bulan diadakan QualityClub gathering, bersilaturahmi. Pertemuan tidak lama, sekitar 4 jam di hotel yang telah ditentukan. Lokasi yang permah menjadi lokasi QualityClub Gathering antara lain Jakarta, Surabaya, Bekasi Tanggerang dan Bogor. Tahun ini pertemuan  berkurang. Namun, rencana pertemuan sedang digodok lagi agar sering diadakan.

Apabila Anda berminat menjadi anggota QualityClub, isi formulir pendaftaran QualityClub,
Sampai jumpa di grup. Belajar ISO tidak cukup hanya training, percaya dengan saya.

Baca juga:

No comments:

Post a Comment