23 April 2024

Pentingnya Sosialisasi Keselamatan Keluarga di Rumah


Di Jakarta, metropolitan paling maju di Indonesia, sudah akrab dengan kebakaran. Baru-baru ini terjadi kebakaran di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan yang mengakibatkan korban tujuh orang tewas.

Berdasarkan data statistik dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI telah terjadi kebakaran sebanyak 9.200 kali dalam kurun waktu 2019-2023 (Kompas, 22/04/2024), telah menimbulkan banyak korban.

Sosialisasi keamanan sangat penting tidak hanya di tempat kerja, tetapi juga di rumah. Sosialisasi keamanan di rumah tidak hanya membantu melindungi keluarga dari bahaya, tetapi juga menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk semua anggota keluarga.

Saya yakin, di tempat kerja kita sudah ada APAR atau peralatan proteksi kebakaran yang memadai, tapi barangkali di rumah atau tempat usaha kecil tidak ada atau belum cukup. Hal yang tidak kalah penting adalah ketersediaan jalur evakuasi. Di tempat kerja kita setidaknya sudah ada garis dengan warna tertentu untuk menunjukkan jalur evakuasi. Sementara di area perumahan bangunan berdempet-dempetan.

Minimnya standar keselamatan di perumahaan atau ruang usaha kecil berujung memakan korban tewas. Ditambah lagi minimnya kesadaran masyarakat terhadap aturan keselamatan. Kejadian kebakaran yang terus berulang harus dijadikan pelajaran untuk berbenah.

No comments:

Post a Comment