Auditor Internal ISO 9001

Auditor Internal ISO 9001
One day training 26 Maret 2024

05 December 2019

Mengapa Berpindah Lembaga Sertifikasi ISO?


Mengapa sejumlah perusahaan berpindah lembaga sertifikasi ISO? Beberapa alasan perpindahan saya rangkum dari diskusi QualityClub.

Lembaga sertifikasi ISO adalah lembaga yang melakukan audit sertifikasi manajemen ISO di berbagai perusahaan yang bersertifikat ISO. Sertifikat ISO (misalnya sertifikat ISO 9001:2015) berlaku selama tiga tahun. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak perusahaan mengganti lembaga sertifikassi meski masa berlaku sertifikat belum berakhir.



Berpindah dari badan sertiikasi ke badan sertifikasi lain sebelum masa berlaku sertifikat habis tentu diperbolehkan dengan sejumlah syarat. Namun, bukan syarat perpindahan lembaga yang ingin saya sampaikan disini, melainkan alasan sejumlah perusahaan berpindah lembaga sertifikasi ISO.

Berikut ini alasan-alasan perpindahan:

1. Biaya sertifikasi yang terlalu mahal.
Biaya sertifikasi yang mahal merupakan alasan yang paling banyak menjadi perhatian untuk berpindah ke lembaga sertifikasi lain. Manajemen menginginkan biaya serifikasi yang murah dan sebab itu mencari lembaga sertifikasi dengan harga kompetitif.

2. Memiliki sertifikat yang sama dengan Customer
Manajamen mengharapkan perusahaannya memiliki sertifikat ISO yang diterbitkan oleh lembaga sertifikasi yang sama dengan lembaga sertifikasi customer.  Keputusan ini menjadi alasan lain perubahan lembaga sertifikat.

3. Lembaga sertifikasi tidak bonafid
Alasan lain mengganti lembaga adalah lembaga sertifikasi yang lama tidak dikenal atau tidak bonafid, Hal ini bakal berdampak tidak bisa ikut tender sebab disertifikasi oleh lembaga yang tidak dikenal (misalnya tidak diakreditasi) dan tidak diakui secara global.

4. Auditor tidak berkompeten 
Perpindahan lembaga sertifikasi lama ke lembaga sertifikasi baru disebabkan minimnya improvement yang diberikan auditor kepada manajemen perusahaan oleh lembaga sertifikasi lama, temuan audit dari tahun ke tahun isinya sama, itu-itu saja, tak ada tantangan.

5. Auditor terlalu banyak memberikan temuan minor
Beberapa manajemen perusahaan alergi jika perusahaannya banyak menerima temuan dengan kategori minor. Jumlah banyak temuan minor memberi kesan manajemen perusahaan kurang atau bahkan tidak peduli terhadap perusahaanya sendiri.

Kesimpulannya, pemilihan lembaga sertifikasi ISO harus benar-benar selektif sebagai partner perusahaan yang bisa memberikan manfaat.

Baca juga:



No comments:

Post a Comment