Auditor Internal ISO 9001

Auditor Internal ISO 9001
One day training 26 Maret 2024

14 April 2019

Sudahkah membuat Kebijakan Lingkungan ISO 14001:2015? Ini Contohnya.

Contoh kebijakan lingkungan ISO 14001:2015


Setiap perusahaan wajib membuat kebijakan lingkungan bila ingin bersertifikat ISO 14001:2015 atau standar manajemen lingkungan bertaraf internasional. Seperti apa kebijakan lingkungan itu? Apa isinya?

Standar ISO 14001 version 2015 menegaskan, manajemen puncak harus menetapkan, menerapkan dan memelihara kebijakan lingkungan dalam lingkup sistem manajemen lingkungan yang ditetapkan perusahaan.

Isi kebijakan lingkungan harus sesuai dengan tujuan dan konteks perusahaan, serta sesuai dengan skala dan dampak lingkungan dari kegiatan, produk dan jasa yang dihasilkan.

Selain itu, isi kebijakan lingkungan wajib memuat komitmen untuk melindungi lingkungan dan pencemaran yang membahayakan lingkungan hidup. Mematuhi peraturan perundangan lingkungan harus tersurat dalam kebijakan lingkungan, termasuk perbaikan kinerja sistem manajemen perusahaan untuk perbaikan yang berkelanjutan.

Kebijakan lingkungan harus diketahui segenap jajaran manajemen untuk dipatuhi dan diterapkan serta tersedia bagi semua pihak, baik internal maupun pihak-pihak berkepentingan lainnya.

Contoh kebijakan lingkungan bisa dilihat di bawah ini:

KEBIJAKAN LINGKUNGAN
PT (tulis nama perusahaan di sini)

(logo perusahaan)
PT [tulis nama perusahan di sini]  adalah perusahaan yang bergerak di [tulis bidang usaha perusahaan di sini] yang selalu berupaya menghasilkan produk dan jasa yang ramah lingkungan.

Guna mewujudkan produk dan jasa yang ramah lingkungan, PT  [tulis nama perusahan di sini] menerapkan sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2015 secara konsisten dan berkomitmen:

1. Mencegah pencemaran lingkungan hidup yang diakibatkan kegiatan operasional dan produk  serta menyediakan sarana dan prasarana yang handal untuk menciptakan tempat kerja yang bersih, sehat dan ramah lingkungan
2. Mematuhi peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan aspek lingkungan
3. Melakukan perbaikan kinerja secara berkelanjutan dalam rangka mendukung pembangunan berkelanjutan



Lokasi dan tanggal
(tanda tangan)
Direktur

Baca juga:

2 comments:

  1. Dear Pak Zul, kalau untuk Perguruan Tinggi bagaimana implementasi kebijakan tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebijakan lingkungan yang saya buat bersifat umum, sebab itu bisa diadopsi kebijakan lingkungan itu untuk perguruan tinggi.

      Delete